When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Jumat, 21 Januari 2011

Mozilla Firefox Depak Internet Explorer di Eropa

Pamor browser andalan Microsoft mulai meredeup secara bertahap. Sebuah perusahaan riset menemukan jika di Eropa kebanyakan pengguna internet mulai mengandalkan Firefox besutan Mozilla ketimbang Internet Explorer Microsoft.
Menurut data Star Counter, seperti dikutip melalui Telegraph, pangsa pasar Firefox di Eropa menjadi sekira 38,1 persen. Angka ini melebihi pangsa pasar yang diraih Microsoft IE
sekira 37,5 persen. Ini merupakan pertama kalinya IE jatuh dari posisi puncak.
“pangsa pasar IE mulai jatuh untuk pertama kalinya pada Desember ini. Sedangkan Firefox dan Chrome mulai beranjak. Chrome sendiri memperlihatkan pangsa pasar dari 5,1 persen sebelumnya menjad 14,6 persen sekarang”, ujar CEO perusahaan spesialis analisa web Star Counter, Aodhan Cullen.
Menurut Cullen, kejatuhan kerajaan IE secara perlahan ini merupakan imbas dari munculnya browser besutan Google, Chrome. Browser tersebut bisa dibilang telah menggerogoti pangsa pasar IE. Sedangkan FireFox secara mulus mulai meraih eksistensi. “hal ini bisa jadi juga akibat dari kesepakatan yang telah dilancarkan komisi Eropa terhadap Microsoft. Kala itu regulator Uni Eropa meminta kepada Microsoft untuk membolehkan pengguna computer di Eropa untuk menghadirkan beragam browser, tidak hanya dimonopoli oleh Microsoft,” ujar Cullen.
Sejenak awal 2010 lalu, Microsoft telah menawarkan kepada jutaan pengguna computer di Eropa untuk bisa menggunakan 12 browser internet berbeda di software Windows , tidak melulu IE. okezone


Sumber: Tabloid Xpresi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar