When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Jumat, 07 Januari 2011

Mana Yang Benar, Mencari Inspirasi Atau Menemukan Inspirasi??



Visitors taukah anda hal pertama yang bisa menimbulkan efek kebingungan jika terlalu sering melakukannya yaitu "Menulis". Semua orang bisa menulis, tetapi menulis sesuatu yang berbau artikel, cerita atau apapun jenisnya memerlukan sebuah pikiran yang disebut 'Inspirasi' atau 'ide'. Nah, jika sudah mentok otak akan blank. Disaat itu seorang penulis harus mengambil langkah refreshing. Ketika itu, seorang penulis menggunakan kesempatan tersebut dalam mendapatkan inspirasi.

Sejatinya, inspirasi bisa datang dengan sendirinya. Tetapi taukah anda, lebih efektif mana antara 'mencari inspirasi' dengan 'menemukan inspirasi'. Walaupun dalam konteks yang sama (sama - sama mendapatkan inspirasi), tetapi kedua kata ini berbeda. Saya sendiri kadang mencari ide untuk bahan tulisan saya. Walau saya pemula yang harus banyak mendapat koreksi, saya juga membutuhkan ide. Tapi, sering juga dengan hal - hal kecil yang tidak disengaja, saya menemukan inspirasi.

Lalu manakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan inspirasi??

Menurut saya, keduanya harus seimbang. Bisa saja kita menemukan inspirasi untuk menulis. Tapi, hal yang pasti yaitu, tidak mungkin kita menemukan inspirasi tanpa mencarinya. Mungkin ini bahasa yang kacau dan sulit dimengerti. Tetapi saya berhasil menarik kesimpulan umum. Pertama, menemukan inspirasi dengan sengaja tanpa mencarinya. Dan yang kedua, menemukan inspirasi dengan mencari inpirasi tersebut.

Apakah anda merasakan kebingungan?? Sesungguhnya, saya juga merasakan kebingungan saat ingin memosting artikel ini. Tapi itu tidaklah penting untuk anda, Visitors..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar