When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Senin, 17 Januari 2011

Apa itu Fanfict Beserta Tips Dasar Versi RM'Area

Fanfict… Saya sendiri juga adalah penulis fanfict. Disini, saya akan berbagi tips dari pelajaran otodidak yang saya dapat selama beberapa tahun ini.
Pertama sekali mengenai pengertian fanfict.
Fanfict (FF) merupakan singkatan dari Fans fiction yang artinya cerita fiksi yang dibuat dengan idola seseorang sebagai tokoh dalam cerita. Baik itu artis sinetron, penyanyi bahkan sinetron dan film serta anime cartoon bisa menjadi tokoh. Penulis fanfict biasanya disebut Fanficaters
Berikut Tips dan cara
menulis fanfict versi saya:

1. Ide Cerita
Ide cerita adalah yang utama dari segalanya. Biasanya saya menemukan ide cerita dari hal – hal yang tidak disengaja. Sekecil apapun ide yang ditemukan bisa dikemas dan digabungkan dengan inspirasi lain agar menemukan sebuah ide cerita baru. Sebuah ide cerita haruslah ide yang fresh, dan dikemas dengan jalan cerita yang fresh dan sulit ditebak endingnya. Ya, walaupun kebanyakan happy ending, tetapi ,merupakan happy ending yang luar biasa.

2. Jalan Cerita
Dalam sebuah fanfict bisa disusun alur yang diinginkan. Sama halnya dengan menulis fiksi online lainnya, alur hanya ada dua yaitu maju, mundur dan tambahan alur maju-mundur. Sewaktu pemula, saya menulis dengan satu kesalahan. Yaitu, ingin segera menyelesaikan ending cerita. Tetapi saya menyadari bahwa jika ingin berburu ending, sama saja dengan memaksa untuk alur/ jalan sebuah cerita menjadi berantakkan. Jika bisa menulis dengan santai dan tidak merasa seperti dikejar deadline.

3. Tokoh dan Karakter.
Seperti namanya, fanfict dibuat dengan tokoh dalam cerita adalah idola kita. Biasanya saya memasukan beberapa tokoh dan kegiatan lain yang tengah trend dikalangan sinetron ataupun dunia. Seperti salah satu fanfict yang pernah saya buat. Yaitu ketika sebuah sinetron remaja membooming terkenal. Saya berusaha membuat pertemuan dua sinetron remaja dalam satu cerita. Atau masukan tokoh Justin Bieber dan Irfan Bachdin seperti yang pernah saya baca.

4. Situasi dan Keadaan.
Hal yang menarik sepanjang saa menulis fanfict adalah ketika datangnya suatu momen tertentu. Disaat itu, saya bisa menemukan inspirasi dan menulis fanfict yang sesuai dengan momen tersebut. Misalkan, hari Natal dan Tahun baru. Maka ide – ide unik pasti akan kita temukan. Dan sepanjang saya menulis fanfict, fanfict bertemakan hari guru dengan judul “Aku Bangga” yang paling saya sukai.
Cuma sedikit yang bisa saya bagikan. Walaupun tulisan fanfict saya masih jauh dari fanficaters – fanficaters yang lain, tapi 4 tips diatas bisa menjadi dasar kalian untuk mengerti dunia fanfict.

1 komentar:

  1. Salam Sejahtera,

    Kami memberikan penawaran untuk mengisi liburan karyawan/keluarga berikut paket yang kami miliki, One day tour dan Overnight tour.
    Info lengkapnya :
    Web kami

    terimakasih atas kerjasamanya.

    BalasHapus