When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Minggu, 11 Agustus 2013

Kisah Cinta Galih dan Ratna - Gita Cinta dari SMA (1979)

Kembali lagi dengan tulisan terbaru saya. Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang film yang terkenal di akhir tahun 70-an. "Gita Cinta dari SMA" dan "Puspa Indah Taman Hati" adalah dua film yang akan saya bahas nantinya. Sebelumnya hal yang membuat saya ingin menulis tentang kedua film ini adalah ketika lagi searching di rumah paman Google. Disana saya membaca artikel soal Mira Lesmana yang ingin membuat film remaja yang awalnya karena suka dengan film Gita Cinta dari SMA. Makanya muncul film Ada Apa Dengan Cinta?" yang katanya mampu menyaingi film GCD SMA ini.

Oke, back to topic. Kemudian saya penasaran sama judul yang disebutkan diatas. Nah, dari youtube saya menonton kedua film ini. Pasti kalian yang lagi baca dan tidak tahu soal judul ini bertanya, apa hubungan Gita Cinta dengan Puspa Indah Taman Hati?? Puspa Indah adalah sekuel dari Gita Cinta.

Bukan maksud apa - apa, sebagai anak yang lahir puluhan tahun setelah film ini muncul, saya ingin berbagi apa yang saya tonton kepada
para pembaca blog saya. Kalau yang sudah pernah nonton bisa buat nostalgia.

Nah, pertama saya akan bahas soal 'Gita Cinta dari SMA'



Buat anda - anda yang besar di jaman sekarang ini pasti sering denger lagu Galih dan Ratna yang di recycle oleh D' Cinamons. Yah, lagu ini lagu yang dinyanyikan pertama oleh penyanyi legenda Indonesia, Chrisye.
Lagu ini menjadi soundtrack Film Gita Cinta.

Tidak jauh dari lirik lagu Galih dan Ratna, FIlm Gita Cinta dari SMA ini menceritakan dua orang sejoli yang saling jatuh cinta, tapi berakhir tidak bahagia. Film yang dimainkan Rano Karno dan Yessy Gusman ini berawal dari keterlambatan Galih Rakasiwi (Rano Karno) masuk kelas. Di kelas Galih, 2 IPS 1 kedatangan seorang siswi baru dari Indramayu. Cantik, baik, ramah dan agresif. Itulah sosok seorang Ratna Suminar Sastrowardoyo. Seluruh lelaki dikelas naksir dan jatuh hati pada Ratna. Hanya satu orang yang acuh pada dirinya yang tidak lain adalah Galih.

Pertemuan pertama yang paling berkesan setelah dikelas tadi, adalah ketika rantai sepeda Galih putus. Saat itulah Ratna menghampiri Galih dan meminjam jadwal pelajarn besok sambil menunggu Galih selesai memperbaiki sepedanya. Saat Galih selesai, Ratna menghapus keringat di wajah Galih dan meminta Galih untuk memboncengnya pulang dengan sepeda.

Keagresifan Ratna meminta Galih mengantarnya pulang pun ditolak mentah - mentah.

Itulah awal pertemuan mereka. Galih selalu menolak mengantar Ratna untuk pulang sekolah. Karena Galih beranggapan Ratna akan malu jika diantar dengan sepeda. Lebih baik Ratna pulang dengan mobil atau vespa milik lelaki - lelaki yang naksir padanya.

Ada satu sajak yang ditulis Galih untuk Ratna. Sajak itu sengaja dicatat Ratna dari buku bahasa Indonesia milik Galih ketika Ratna meminjam catatan jadwal pelajaran.

Kepada R....
Sekuntum senyum mengembang dalam aliran rasa

Rahasia apa yang diam dalam debaran
Saat kau seperti kijang mas meloncat – loncat dihadapanku
Ku simpan wujudmu dari sepi ke sepi
Ku toreh hatimu dengan pisau naluri
Diam-mu sendu, hangatmu rindu

Sajak yang ternyata ditujukan oleh Galih kepada Ratna secara diam - diam menunjukkan bahwa Galih dengan sikap diam dan acuhnya ternyata menyukai Ratna. Terlebih lagi sajak karya Galih ini dibacakan Ratna sebagai pengganti nyanyi karena dirinya dipaksa menyanyi pada saat acara kumpul bareng teman - teman sekelasnya.

Kenangan demi kenangan indah terekam begitu saja mewarnai kebahagian dua sejoli ini. Mulai dari jalan bareng, bernyanyi bersama hingga naik sepeda berdua. Tidak hanya itu, Galih dan Ratna dikelilingi oleh sahabat - sahabat yang baik. Mereka selalu ada untuk membantu Galih dan Ratna ketika tantangan terbesar mereka dimulai.

Ratna dilarang untuk dekat dengan Galih oleh ayahnya. Awalnya Ratna tidak tahu mengapa ayahnya begitu tidak senang akan hubungannya dengan Galih. Di pertengahan cerita, Ternyata Ratna sudah dijodohkan dengan seorang mahasiswa UGM fakultas kedokteran. Mereka berdua mencoba berbagai cara untuk tetap menjalin hubungan dibelakang ayahnya Ratna. Mulai dari menghindari Galih yang rela masuk ke sawah ketika bertemu ayahnya Ratna dijalan hingga menulis surat putus hubungan palsu atas ide teman - teman Galih dan Ratna.

Tidak hanya itu, Galih juga harus rela pindah ke kelas IPS 2 agar Ratna dapat bersekolah kembali. Keduanya menderita dan harus rela berpisah. Sebuah surat ditulis untuk Galih dari Ratna disaat ulang tahun Galih yang ternyata Galih sendiri tidak ingat hari ulang tahunnya.

Hari ini adalah hari ulang tahunmu. Aku sengaja menghadiahkan dasi yang sudah ku pasang agar kau tinggal memakainya. Sebab nanti mungkin aku tak bisa di sisimu. Tak bisa memasangkan dasi untukmu. Saat kenaikan kelas, pakailah nanti jika kau merinduku. Pakailah nanti kemana kau pergi.


Galih, aku baru tahu mengapa ayahku selalu membenci hubungan kita. Tanpa sepengetahuanku aku telah dijodohkan dengan lelaki berdarah Minang. Sekarang dia masih kuliah di fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada            .

Aku sangat sedih mendengar keterangan ayahku itu. Karena aku terlanjur mencintaimu. Tapi apa dayaku, aku hanya seorang wanita. Kalau ku kejar bahagiaku denganmu, aku takut menghambat cita – citamu. Engkau adalah harapan satu – satunya keluargamu. Galih berbahagialah kelak wanita yang mendampingimu. Aku yang telah bersusah payah mengejar cintamu ternyata menemui jurang.


Selama aku bersamamu, kau tak pernah menyakitiku. Membuat cintaku padamu lebih mendalam. Aku dewasa dalam pelukanmu. Galih sayang, aku yakin nanti kau akan jadi orang yang berhasil. Jadi seorang penyanyi yang baik, pemain musik yang baik, seniman yang baik. Galih Rakasiwi adalah nama yang baik, sesuai dengan orangnya. Setiap yang bernama Galih biasanya orang yang tampan, dan setiap bernama Rakasiwi biasanya orang yang terkenal. Galih waktu ku semakin sempit. Kalau nanti sesudah ujian, aku pindah ke Yogya. Aku akan berusaha agar bisa menemukanmu dan menemukan kemesraan seperti dulu.


Cium buatmu seorang, Ratna...

 Di akhir cerita, setelah lullus SMA, Ratna harus pindah ke Yogya untuk menikah dengan calon pilihan ayahnya. Galih pun merelakan Ratna agar Ratna tidak lagi menderita karena selalu mendapat perlakuan kasar (dimarahin dan dihukum) oleh ayahnya. Menghabiskan semalaman, Galih dan Ratna banyak cerita tentang awal mereka berkenalan hingga saat itu. Galih juga tidak yakin akan pertemuan mereka setelah malam ini. Mungkin mereka akan bertemu lagi setelah setahun, sepuluh tahun atau bahkan seumur hidup tidak akan bertemu lagi. Galih juga mengatakan bahwa dirinya tidak akan bisa mengantar kepergian Ratna karena takut akan mengacaukan suasana. Tetapi Galih berjanji akan melambaikan tangan di Gardu dekat kereta api. dan Ratna juga harus melambaikan tangan dari dalam kereta. Tetapi hal itu tidak terjadi. Galih tidak bisa melambaikan tangan pada Ratna untuk terakhir kalinya.
Dirinya hanya mendengar teriakan namanya oleh Ratna yang ada dalam kereta.

Film yang di adaptasi dari Novel karya Eddy D. Iskandar ini sangat banyak nilai dan petikan yang bisa diambil. Dalam film ini, banyak adegan dikelas dan olahraga yang disajikan ketika saat ini sudah jarang ada film Indonesia yang menampilkan suasana saat belajar


.Kemudian sosok teman - teman Ratna dan Galih yang sangat membantu mereka dalam kesusahan
karena sosok Ratna dan Galih yang baik hati. Tidak hanya itu, Ratna dan Galih terpilih menjadi putri dan putra teladan di tahun terakhir saat malam perpisahan kelulusan mereka.

Galih mempersembahkan sebuah lagi berjudul 'Gita Cinta dari SMA' untuk Ratna dimalam perpisahan. Sayangnya tidak sampai habis, Ratna sudah dipaksa pulang oleh ayahnya. Keinginan Ratna untuk mendengar lagu tersebut pun sirna.

Buat yang ingin bernostalgia dengan lagu Gita Cinta dari SMA, bisa download mp3-nya Versi Rano Karno atau Versi Three S yang di aransemen ulang pada tahun 1994.
Nah, ini lirik lagu ciptaan Guruh Soekarno Putra dan Eddy S. Iskandar

Gita Cinta dari SMA

Mekar bersemi untaian kasih
Jumpa cinta pertama
Telah tertanam rindu dendam
Semakin dalam semakin kelam

Indah cinta berakhir duka
Mengalun sunyi dibuai mimpi
Masa remaja punahlah sudah
Menjauh dari angan merapuh

Kini kucari celah bahagia
Diatas jalan nan penuh duri
Kugapai-gapai kasih nan luruh
Engkau kini smakin jauh

Tiada lagi senyum lembutmu
Sendiri berjalan di dalam kelam
Kemana arah yang kutuju
Engkau hanyalah bayangan beku
Dan untuk lagu ciptaan Guruh Soekarno Putra yang dinyanyikan oleh Chrisye bisa download di sini


Galih dan Ratna

Dua sejoli menjalin cinta
Cinta bersemi dari SMA

Galih dan Ratna mengikat janji
Janji setia setia abadi

Oh Galih, oh Ratna cintamu abadi
Wahai.. Galih
Duhai.. Ratna
Tiada petaka merenggut kasihmu

 Dua sejoli menjalin cinta
Cinta bersemi dari SMA

Galih dan Ratna mengikat janji
Janji setia setia abadi

Oh Galih, oh Ratna cintamu abadi
Wahai.. Galih
Duhai.. Ratna
Tiada petaka merenggut kasihmu


Baiklah. Mungkin sedikit review diatas tidak membuat kalian lebih puas. Untuk itu buat kalian yang pernah dan mungkin sampai sekarang masih ngefans sama filmnya, dimana dulu kalian rela antri di bioskop demi untuk dapat tiket nonton film ini dan buat kalian - kalian yang belum nonton atau belum lahir disaat itu dan belum nonton atau ingin melihat perkembangan film Indonesia pada jaman itu dibanding dengan jaman sekarang (kebanyakan ngomong yah) silahkan nonton disini...
Sampai jumpa di tulisan Puspa Indah Taman Hati (Sekuel Gita Cinta dari SMA)!!!



34 komentar:

  1. Wow keren... kurang lebih 100 x aku tonton film itu pada masa itu.... salam buat sahabatkau Supri dan Cahari

    BalasHapus
  2. saya suka sekali....
    walau saya tidak lahir pada zaman itu, tetapi saya suka sekali dgn filmnya ^_^
    coba... ada stasiun TV yang mau muterin???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. saya juga nonton dari youtube. sekarang jarang ada film begini.

      Hapus
  3. serasa kembali kemasa lalu saat menonton Film ini.....
    Kisah cinta yang masih jujur....
    ah..... sudsah lah, aku jadi teringat dengan dia yang disana.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film yang ga lebay seperti saat ini.

      Hapus
    2. neh Film KEREN ABES... ^_^

      Hapus
    3. Saya sudah lahir dan sempat nonton ketika SMA, memang luar biasa film ini.....betapa bahagianya bisa menikmati nonton film ini pas ketika saya masih SMA.......

      Hapus
  4. ada ngak ya....cerita film selanjutnya????????
    hmm....m....m.... gimana kl ngebahas film "Selamat Tinggal Duka"

    BalasHapus
    Balasan
    1. film apa tuh? saya coba cari dulu ya. kalau sudah tonton baru nulis artikelnya.

      Hapus
    2. Ratna Maria : Saya tunggu ya....^_^

      Hapus
    3. Film ini adalanjutannya, dan rano karno dan yeesi gusman juga yang memerankannya. judulnya Puspa Indah Taman Hati. Di film ini dibuat happy ending.

      Hapus
  5. film romantis bagi yang telahir tahun 60-an,,terutama ya,,to,,iya to??

    BalasHapus
  6. serasa kembali masa sma bila lihat film ini.

    BalasHapus
  7. Filem ini faktor menghiburnya tinggi sekali. Dengan bahasa baku, hampir tiap adegan atau percakapan selalu membuat terbahak. Terutama pas bagian yang jiyeee banget, misalnya pas curi pandang atau sama-sama melirik atau pas lari di taman, slow motion, OMG epic sekali. Kalo dijadikan parodi mesti pecah deh hehehee..

    BalasHapus
  8. Harusnya ada tuh lanjutan dari film PUSPA INDAH TAMAN HATI setelah galih jadi WAGUB Pasti seru.

    BalasHapus
  9. share juga film "selamat tinggal duka"nya donk" atw "tirai malam pengantin"nya dari bunda Yessy Gusman

    BalasHapus
  10. Baru nonton ini film. Saya acungi 2 jempol.meski saya lahir 13 thn setelah film ini diputar. Film2 jaman sekarang mah lewat, nonton film ini dijamin serasa ditarik ke dalam kenangan jaman dahulu. Aahh jadi baper saya

    BalasHapus
  11. Baru nonton ini film. Saya acungi 2 jempol.meski saya lahir 13 thn setelah film ini diputar. Film2 jaman sekarang mah lewat, nonton film ini dijamin serasa ditarik ke dalam kenangan jaman dahulu. Aahh jadi baper saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film jaman dulu gak terlalu dibelit2kan.

      Hapus
  12. Saya lihat film ini berkali kali di cannel festifal (orange tv)..bagus bgt..bikin baper.

    BalasHapus
  13. mantap banget jd ingat masa" sekolah dulu

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. pilemnyah

    https://www.youtube.com/watch?v=uwVE9EI9qn0

    BalasHapus
  16. MEMBUATKU INGAT MASA LALU KU HAMPIR MIRIP, SEMOGA TETAP BAHAGIA, CINTA TIDAK HARUS MEMILIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Namanya film, di contoh dari kehidupan nyata.

      Hapus
  17. Saya udah sering tonton filmnya yg saya kangen baca novelnya

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Saya suka felemnya walaupun di putar berulang kali felemnya sungguh menyentuh hati

    BalasHapus
  20. Buruan mampir disitus kami . Situs yang penuh hadiah dan gampang menangnya
    Dimana hadiahnya dapat dimenangnya hanya dengan mendaftarkan ID hoki anda & bermain
    disitus RATUPELANGI.NET
    Situs ini merupakan situs bergengsi yang mudah untuk dimainkan bahkan banjir hadiah jutaan rupiahnya
    Hanya dengan modal 25.000ribu rupiah saja , kamu sudah bisa bermain 8GAMES menarik kami :
    -Bandar66 (NEW)
    -BandarQ
    -Capsa susun
    -Poker
    -Sakong
    -Domino99
    -Aduq
    -Bandar poker
    Situs ini dilengkapi dengan LIVE CHAT 24jam & cs yang ramah
    JANGAN SAMPAI KETINGGALAN KESEMPATAN BESAR INI BOS ^^ Buruan mampir disitus kami . Situs yang penuh hadiah dan gampang menangnya
    Dimana hadiahnya dapat dimenangnya hanya dengan mendaftarkan ID hoki anda & bermain

    BalasHapus

  21. Mainkan Sabung Ayam S128 dan SV388 Dengan Kualitas Terbaik bersama Winning303..
    Kemenangan 100% di Pasti di Bayar!!

    Dapatkan CashBack Kekalahan Dari Winning303 Mingguan...

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> DaftarSabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  22. Anda pencinta permainan Poker?
    Mau bonus Rollingan setiap hari?

    Ayo join bersama kami di POKERVITA

    GRATIS kawan

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus