When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Jumat, 28 Januari 2011

Matematika Sebenarnya Sulit Atau Tidak??



Apa yang terpikirkan jika, mengucapkan ‘Matematika’?? Ya, kebanyakan orang pada umumnya dan siswa pada khususnya menganggap matematika adalah pelajaran paling susah. Termasuk saya sendiri. Tapi itu dulu... bisa dibilang dulu itu saya tidak mengerti sama sekali matematika. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang siswa tidak menyukai
matematika menurut versi RM’ area.

1. Karena matematika memilik perhitungan yang rumit dan ribet.
Sebenarnya matematika tidaklah serumit yang dipikirkan. Setiap orang yang sukses mendapat pemecahan dari sebuah soal akan menikmati suatu kepuasan tersendiri. Saya juga sering dan senang mengalami hal itu. Matematika tidak bergantung pada rumus saja. Adalah basi, jika menganggap matematika hanya pelajaran berumus yang sulit. Jika sudah menghafal rumus banyak akan sia – sia jika penempatannya salah. Jadi berpikirlah bahwa matematika itu mudah, mudah dan mudah.

2. Karena guru matematika itu kebanyakan killer.
Tidak juga… seorang guru akan sangat senang jika ada siswa yang tidak mengerti itu bertanya. Sekiller apapun guru, ia pasti senang bila kita minta bantuannya. Guru memang berpengaruh pada efek belajar siswa. Hal ini pernah saya alami. Tetapi itu bukan hal yang utama dalam belajar matematika. Malah menurut saya belajar matematika butuh tekanan dan seikit paksaan dari guru. Tetapi tetap santai dalam belajar.

3. Malu bertanya senang berjalan – jalan ditempat.
Seorang siswa yang tidak mengerti bisa saja bertanya pada guru. Tetapi bertanyalah pada teman jika masih enggan bertanya pada guru yang menurut siswa itu killer. Teman akan senang mengajarkan kita. Apalagi jika kita sedikit member pujian pada teman tentang kemampuannya.

Tetapi kembali lagi. Sulit atau tidaknya matematika tergantung pada diri kita sendiri. Keinginan kuat dan kesungguhan dalam belajar dibutuhkan. Belajar harus dicicil perlahan. Bukan diembat langsung masuk ke otak. Semua dalam hidup membutuhkan proses. Ringankan pikiran dan jauhkan kata ‘SULIT’ dalam kamus anda. Sulit atau tidaknya matematika bergantung pada anda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar