When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Selasa, 21 Juli 2015

Perbedaan Marketing dan Sales (Sama tapi Beda)

Malam sahabat, ngisi blog sambil menikmati secangkir teh seduh memang luar biasa. Now, I want to talk about Sales and Marketing. Is there any different?
Nah bingung kan. Kemarin malam, adik saya cerita soal temannya yang ingin berhenti kerja. Alasannya susah capai target kalau setiap sampai di tempat customer, banyak customer malah mengatakan akan order by phone pada marketing kantor.

Sempat terpikir kenapa membuka lowongan sales kalau banyak customer yang lebih memilih untuk order langsung via telepon ke kantor. Dan di kantor itu jelas sudah ada marketing yang menerima orderan. Kasihan kan salesmennya gak capai target dan gak dapat bonus. Tapi di pikir lagi, enggak ada urusan sih sama saya. Itu urusannya pemilik kantor. Saya lebih tertarik pada dua kata penting di struktur organisasi perusahaan. Yapp, dua kata itu adalah 'Sales' dan 'Marketing'
Selling is Marketing, But Marketing is not Selling. Mungkin kalimat itu gak setiap orang tau. Selling (Penjualan) tujuannya untuk menjual dan menjual. Tidak ada urusan lain selain menjual produk sebanyak-banyaknya. Sementara Marketing (Memasarkan) lebih kompleks atau lebih di sebut keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis. Dimana tugas setiap marketing di perusahaan-perusahaan, biasanya harus menetapkan target, membuat harga, menentukan sasaran untuk memasarkan produk, mempromosikan produk, dll.
Kemudian untuk Marketing Dept. biasanya lebih menjaga brand dan image dari produk, menjaga customer. Sementara untuk Sales Dept. biasanya lebih menjurus pada menjual saja.

Jadi bisa dikatakan bahwa Selling adalah bagian dari Marketing. Dan biasanya perusahaan terdiri dari Marketing saja atau Sales saja. Bahkan ada keduanya seperti perusahaan tempat teman adik saya bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar