When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Minggu, 20 Januari 2013

Bingung memilih Jurusan Kuliah ??

Memilih jurusan terkadang menjadi masalah tersendiri bagi calon mahasiswa. Hal ini terjadi ketika mereka belum mengetahui minat dan bakat mereka sejak dini. Hasilnya, tak sedikit yang merasa telah salah memilih jurusan ketika sudah duduk di bangku perkuliahan. Sebelum hal tersebut terjadi pada kalian, ada lima hal dibawah ini yang bisa dipertanyakan pada diri sendiri sebelum memutuskan untuk memilih jurusan.




1. Apa yang kamu suka?
    Ketahui dan kenali apa yang menjadi kesukaan kamu. Jangan memilih jurusan hanya karena ikut dengan pilihan teman. atau biar kamu tetap sekelas dengan sahabat anda. Dalam urusan mengambil keputusan, bicaralah pada hati dan tetapkan tanpa ikut - ikutan.

2. Apa kamu unggul dalam suatu bidang?
    Kamu harus tahu kelebihan anda dalam suatu bidang tertentu. Hal itu bisa diukur dengan melihat respon orang - orang sekitar anda. Jika kamu memiliki keterampilan atau cenderung unggul dalam suatu bidang, kamu bisa pertimbangkan sebagai pilihan kamu untuk mengambil jurusan.

3. Apa pekerjaan yang ingin kamu jalani nantinya?
    Apa kamu ingin jadi dokter, guru, atau pengacara? Jika kamu ingin menjadi dokter, tapi memiliki ketertarikan pada sastra, maka lihat dahulu jurusan tersebut sebelum menentukan pilihan.

4. Keterampil yang ingin kamu pelajari?
   Kamu harus tahu jelas, apa keterampilan yang perlu didalami saat memilih sebuah profesi/bidang. Misalnya, jika kamu ingin memiliki perusahaan, sejak awal kamu harus pelajari seluk beluk tentang bisnis, pemasaran, pelayanan dan lainnya. Pilihlah jurusan yang akan membuat kamu tertarik didalamnya.

5. Faktor apa saja yang harus dipertimbangkan?
    Banyak siswa yang memilih jurusan karena pengaruh keluarga, keuangan, ataupun budaya.  Sambil menjelajahi jurusan yang kamu pilih, ingatlah bahwa faktor kekuatan eksternal akan mempengaruhi kehidupan di kampus kamu dari berbagai sisi nantinya. Menemukan jurusan yang dapat memberikan keseimbangan untuk impian internal kamu dan dukungan dari luar akan membuat situasi yang lebih mudah dikendalikan.

Jadi, pililah jurusan dengan cermat. Selamat memilih ya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar