When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Minggu, 19 Maret 2017

Booktube adalah ...

Tadi pagi abis nyari dan pengen streaming film 'Winter In Tokyo' tapi gagal total. Karena apa? Karena belum ada satu pun channel youtube yang upload film adaptasi dari novel Ilana Tan tersebut. Agak disayangkan sih. Kemarin kelewatan filmnya, karena gak ada waktu mampir ke bioskop.

Tapi apa yang aku temukan, gak kalah penting. Walau telat, tapi aku tetap excited karena abis mengenal istilah 'Booktube'. Plis jangan pada tertawa dengan statement aku barusan.
Pagi tadi, aku dibawa pada salah satu Channel milik Maggie Chen yang pernah membahas tentang review perbedaan novel dengan film Winter In Tokyo. Seriously, itu reviewnya bagus banget.

Nah, Booktube adalah salah satu cara baru dimana para pecinta buku membagikan ketertarikan dan kecintaannya pada sebuah buku. Dan Booktuber adalah aktor atau pelakunya. Bedanya dengan Book Blogger adalah, Jika Book Blogger bercerita tentang koleksi bukunya, review bukunya pada blog, maka Booktuber akan menuangkan koleksi bukunya, review bahkan hingga spoiler lewat media Youtube.

Abis ngeriset sedikit, apa yang dilakukan para booktuber. Ada dua hal utama, yaitu :
1. Book Review
Book Review, biasanya ngebahas apa saja yang ada di buku yang telah di baca booktuber. seperti sinopsis, karakter, siapa penulisnya, dll melalui video dan di upload ke youtube.
2. Book Haul
Book Haul, seperti berbagi buku yang baru saja di beli, dimana membelinya, kenapa harus membeli, apa yang membuat tertarik dengan buku. Dan semua itu dikemas dalam sebuah video yang menarik.

Tidak hanya dua hal itu saja. Mungkin masih banyak hal yang bisa dilakukan seorang booktuber dengan buku melalui video. Mengingat, aku pribadi punya banyak novel dan excited dengan booktube, tapi... tapi aku kurang suka show out di depan kamera dna video itu adalah hal yang agak disayangkan.
Jadi buat kalian yang suka dengn youtuber tapi sudah banyak bertebaran dan kalian juga enggak punya ide kreatif untuk itu, jika kalian hobi dengan buku. Maka lahan booktuber masih banyak.

Dan booktuber pertama yang aku tau dan masih satu-satunya ini adalah Channel Maggie Chen di youtube. I Like caranya meriview di video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar