When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Minggu, 10 Juli 2016

If You Know Why 'Recommended on Wattpad"

Hai Guys, udah lama gak posting nih. Belakangan ini agak sibuk nonton serial Chinese Hero Zhao Yun. Tepat nonton di episode 49, saya mentok dan males melanda untuk lanjut nonton. Karena libur lebaran yang cukup panjang, Saya mencoba untuk membuka wattpad yang sudah lama tidak saya buka.

Karena bingung mau baca cerita apa, muncullah sebuah judul 'If You Know Why" yang berjejer dengan cerita-cerita lain.

Cover 'If You Know Why'
Seperti biasa, saya pasti akan membaca deskripsi atau sinopsis singkat kemudian memutuskan apakah cerita yang satu ini wajib dilanjutkan atau cari cerita lain.
Setelah sabtu siang kemarin saya mulai baca beberapa part, saya seperti ditarik oleh magnet cerita yang kuat. Dan kelar baca cerita ini hari Minggu, tepatnya 10 menit yang lalu ketika saya mengetik artikel ini.
Ya... Penulis yang namanya Indri ini sangat luar biasa. Cerita dengan total 62 Part termasuk prolog, epilog, dan flasback berhasil membuat mata saya kabur karena seharian sabtu dan minggu ngotot buat kelarin baca nih cerita.

Sebelumnya, kalau Indri sempat baca (setelah saya kasih link ini tentunya ke dia) saya cuma ingin ngasih tau tujuan saya buat artikel ini. Murni karena saya suka ceritanya dan karena saya suka ceritanya, maka saya kepo untuk berbagi sedikit kekurangan dan banyak kelebihan menurut pandangan saya setelah baca cerita ini.


'If You Know Why', cerita wattpad oleh Indri yang berkisah tentang bagaimana perjuangan hidup Vanilla setelah mengalami trauma dan depresi ketika sebuah kecelakaan terjadi di usianya yang masih 13 Tahun. Bukan hanya trauma dan depresi, Vanila juga menyadari ada watak dan kepribadian lain dalam dirinya. Atau biasa di sebut Alter Ego. Tidak hanya itu. Vanilla juga mendapati dirinya mengalami gagal ginjal. Emang komplikasi banget hidup Vanilla.

Tapi hidup Vanilla ini bukan cuma penderitaannya saja. Sadar atau tidak, Vanilla selalu dikelilingi oleh orang-orang hebat. Dan menurut saya teman-teman sekolah Vanilla, keluarga angkatnya dan teman-teman yang pernah di tolong oleh Vanilla sangatlah luar biasa. Untuk cerita lengkapnya, baca saja di wattpad Indri.

Ceritanya Indri ini cocok untuk jadi Novel dan Mini Serial sekitaran 10-15 episode (Bukan Sinetron) dan kalau untuk film, mungkin kepanjangan kali ya.

Pertama. Mengapa saya suka cerita 'If You Know Why' karya Indri?
Karena saya suka cerita-cerita dengan karakter wanita yang tidak lemah, tetap fighting walau jatuh bangun daripada karakter wanita yang taunya cuma pasrah dan terus saja disiksa semacam sinetron. Dan karakter wanita cerdas ini saya lihat di sosok Vanilla. Dan sewaktu saya baca cerita ini, saya bayanginnya yang jadi Vanilla itu Laura Theux.
Kenapa Laura Theux? karena baru-baru ini Laura berbagi kisah masa lalunya yang sempat menyakiti diirnya sendiri karena sempat depresi. Walau kisah Laura dan Vanilla beda, tetap aja saya bayangin kalau ada serialnya yang jadi Vanilla itu Laura Theux.

Kemudian, Kisah cinta Vanilla-Dava itu luar biasa. Walau saya kurang suka dengan sikap saling menjauh untuk kebaikan oleh mereka berdua. Karakter Dava disini juga tidak melulu keluar sebagai pahlawannya Vanilla.
Penulisnya pintar dan epik. Semua karakter berhasil dikembangin dan hasilnya keren. Seperti sosok Vino. Awalnya saya kira, Vino itu cuma temen Dava yang bakal nongol berseliweran untuk menambah panjang cerita sajay. Tapi ternyata sosok Vino muncul di beberapa part disaat masa kritis pikiran yang di alami Laura. Bukan hanya Vino. karakter Leon, Emily,Rey, Kiki yang muncul tidak terlalu sering, malah membekas.

Lalu siapa pemeran utama di cerita ini selain Vanilla. Awalnya saya kira Dava yang lebih pantas, tapi hingga terakhir saya baca cerita ini. Memang hanya Vanilla saja yang cocok dan pantas menjadi satu-satunya pemeran utama. Karena untuk tokoh karakter lainnya, muncul dengan porsi yang hampir mungkin sama banyak.

Kelebihan dari cerita ini lagi, adalah para pembaca dibuat menebak-nebak siapa pelaku yang menyebabkan kecelakaan naas dua tahun yang lalu. Awalnya saya pikir itu Zero, kemudian bisa saja itu Redi, Britney dan ternyata saya lagi. 
Alur yang disajikan bagus, ketegangan juga sampai, rasa sakit yang di alami Vanilla juga di eksekusi baik oleh Penulis. Penjelasan tentang beberapa istilah kedokteran dan alter ego di jabarkan dengan baik.

Endingnya Twist banget. Saya kira Vanilla akan meninggal karena gagal ginjal, atau mungkin cerita berakhir dengan happy ending. Dan ternyata saya salah lagi.

Bukan karena sok tau, sok pandai soal komentar, tapi saya menemukan sedikit kekurangan untuk cerita ini. Bukan soal ide cerita dan isinya. Tapi ke hal-hal teknis saja.
Misalkan, dialog-dialog yang muncul dengan bahasa inggris. Mungkin bisa diperbaiki kalimat-kalimatnya, tenses-nya, grammar-nya dan ketepatan pemakaian kata. Bukan sok bisa bahasa inggris nih saya-nya. Hehe. Peace Mbak Indri.

Kemudian ada kalimat-kalimat yang butuh koreksi. Well, itu gak masalah. Soanya udah di kasih note sama Mbak Indrinya yang lagi malas ngedit dan banyak typo. :D
Dan yang terakhir nih ya mbak, saran doang nih. Jangan marah ya. Kalau bisa riset dulu di internet. Soal Gejala Gagal Ginjalnya. Biar akurat dan lebih seru lagi.

Di tunggu untuk sekuelnya 'If You Know Who' segera. Dan Mbak Indri, boleh nih di edit ulang habis itu kirim deh ke penerbit. Hehe.
Dan untuk yang penasaran dengan karya Mbak Indri ini, bisa kunjungi Wattpadnya Mbak Indri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar