When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Sabtu, 23 April 2011

SenseCam, Kamera Untuk Penderita Amnesia dan Alzheimer

Posting laig!! Setelah mengahadapi Ujian Nasional, saya kembali membuat postingan baru. Kali ini, saya tidak sengeja menemukan sebuah artikel mengenai penyembuhan Amnesia dan Alzheimer yang dikenal secara umum yaitu, penyakit lupa ingatan.
Yup, Kamera tersebut bernama
SenseCam.



Bagi pasien yang memiliki penyakit lupa ingatan seperti amnesia atau penyakit Alzheimer ini, akan segera terbantu dengan sebuah penemuan kamera yang disebut dengan SenseCam. SenseCam membantu pasien untuk mengingat potongan-potongan peristiwa yang dialaminya di masa lalu. Menurut ahli neurologi klinis, ini lebih baik daripada menciptakan memori baru.

Dilansir dari CNN, SenseCam merupakan sebuah kamera kecil dengan resolusi rendah (sekitar 1/3 Mega Pixel). Kamera ini menggunakan sebuah lensa Fish Eye dengen kecepatan pengambilan gambar 2 frame per menit. Kamera ini digunakan para pasien untuk meningat kejadian-kejadian dalam keseharian. Walau tidak memiliki kulaitas yang tinggi, hasil foto yang didapatkan sudah cukup untuk menjadi kunci mendorong otak mengingat kejadian-kejadian keseharian.

Dari keterangan yang di dapat, program penelitian ini juga bekerjasama dengan Microsoft Research untuk melakukan uji klinis. Alat ini telah diuji kepada seorang pasien wanita yang memiliki penyakit amnesia parah. Dengan menggunakan kamera ini, pasien dapat melihat foto-foto pada kamera untuk memicu daya ingatnya secara berkala. Walau sepotong-sepotong foto yang ada berada pada SenseCam, sang pasien dapat menceritakan kembali kejadian-kejadian yang tidak berada pada kamera ini.

Sensecam-pic merupaka alat yang diujikan kepada para penderita Alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif yang disebabkan karena berkurangnya gizi di otak. Pengidap penyakit ini biasanya memiliki kecenderungan memiliki daya ingat yang rendah bahkan tidak bisa mengontrol dirinya sendiri. Hasil penelitian dengan menggunakan SenseCam, penderita Alzheimer memiliki kemajuan klinis dengan dapat menceritakan kejadian-kejadian 3 bulan yang lalu tanpa menggunakan SenseCam lagi.

Kamera ini memiliki memory sebesar 1GB, dengan kualitas foto yang rendah, kamera ini dapat menyimpan 30.000 file foto. Juga dilengkapi sensor yang tertanam seperti infra-merah, panas, denyut jantung dan tekanan darah untuk merekam data pemantauan kesehatan. Walau belum resmi dijual, diharapkan SenseCam dijual dengan harga $ 800.

Meski mahal, tapi alat ini sekiranya bisa membantu adik, kakak, orang tua, dan sahabat untuk mengenal kita lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar