When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Senin, 25 Februari 2013

Kisah Inspirasi : Pintu untuk membuat cahaya

Hari ini mau berbagi cerita nih. Cerita ini saya dengar saat seminar motivasi kerja di RS Murni Teguh yang kebetulan satu bos dengan bos saya. Dan Cerita ini juga diceritakan oleh bos saya. Bukan suatu cerita yang bisa merubah hidup seseorang. Hanya cerita yang bisa menambah inspirasi kita yang mendengar. Sekedar sharing aja.

Dulu ada seorang kaisar yang kaya raya. Sang Kaisar yang memiliki tiga orang putra bingung kepada siapa akan menurunkan tahtanya. Nah, disaat itu, kaisar memiliki ide dengan mengadakan sayembara untuk ketiga putra. Siapa yang mampu mengisi gudang yang telah disediakan oleh kaisar dalam tiga hari dengan penuh maka putra itu yang akan naik tahta. Apa saja boleh diisi kedalam gudang yang telah disediakan.

Putra sulung mulai bekerja dengan mengisi rumput kedalam
gudang tersebut. Dalam tiga hari, Putra sulung tidak berhasil mengisi gudang tersebut. Untuk Putra kedua, menggunakan kapas untuk mengisi gudang tersebut dalam tiga hari juga hanya berhasil mengisi setengah dari gudang itu.

Dan Putra ketiga, pada hari pertama memecahkan tembok gudang dan membuat pintu di sisi kira gudang. di hari kedua, Putra ketiga ini membuat pintu lagi disisi lain gudang. Dan di hari terakhir, lagi dan lagi putra ketiga ini membuat beberapa pintu di gudang tersebut.

Lalu apa yang diisi oleh Putra ketiga?? Putra Sulung dan Putra kedua mentertawakan Putra bungsu tersebut. Mereka yakin bahwa Putra bungsu akan dimarahi oleh sang kaisar.
Setelah 3 hari berlalu, sang kaisar tiba dan mempertanyakan hasil kerja ketiga putranya.
 Melihat pekerjaan putra sulung dan putra kedua yang tidak selesai, Sang kaisar pun menggeleng kepala dan menyatakan bahwa keduanya gagal untuk menduduki tahtanya kelak.
Sang kaisar pun bingung ketika melihat yang dikerjakan oleh putra bungsunya itu.
Kemudian sang kaisar pun bertanya apa yang diisi oleh putra bungsu untuk mengisi penuh gudang tersebut. Dan anehnya mengapa putra bungsu hanya membuat pintu - pintu di setiap sisi gudang.

Putra bungsu kemudian mengatakan bahwa yang diisinya ada terang. Gudang yang gelap dan hitam ini diisi dengan cahaya yang terang. seluruh gudang berubah menjadi terang. Sama seperti manusia. hidup manusia yang gelap harus diberi cahaya untuk keluar dari kegelapan dan menyambut hati yang terang..

Kisah yang cukup unik bisa menginspirasi secara sederhana. Akhirnya sang kaisar pun memilih putra bungsunya sebagai putra mahkota yang akan menggantikannya sebagai raja nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar