When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Senin, 15 Mei 2017

Bagaimana Sebuah Buku dikatakan Best Seller ??

Kalau sering ke toko buku, pertama kali ketika menginjak pintu utama, maka akan terpampang jelas deretan buku New Arrival dan Best Seller. Untuk buku-buku New Arrival, semuanya pasti tau kalau itu adalah deretan buku yang baru terbit dan muncul di toko buku tersebut. Sementara buku Best Seller, di tinjau dari terjemahan ke bahasa Indonesia adalah buku yang penjualannya paling bagus. Lalu bagaimana bisa dikatakan paling bagus? Mari kita bahas.

Pertama, saya pernah melihat satu buku, lupa judulnya apa. Buku itu baru muncul pertama kali terbit. Yang buat saya bingung, bagaimana bisa buku tersebut masih cetakan pertama dan sudah ada logo best seller??

Oke. itu mungkin saja teknik marketing agar penjualan naik. Karena apa? kebanyakan orang, ketika mencari bacaan dan belum tau apa yang mau dibeli untuk dibaca. Dan yang menjadi sodoran utama adalah buku dengan logo best seller, dan buku tidak dengan label best seller, saya hampir yakin, kalau orang-orang lebih banyak ke buku yang best seller.

Tapi apakah itu bukan kebohongan publik jika tidak ada angka-angka yang menunjukkan buku tersebut memang laku keras.

Kedua, saya banyak novel Best Seller. Bukan karena label Best Seller saya membelinya. Tetapi memang buku-buku itu bagus ceritanya. Banyak buku-buku terkenal dan kualitasnya bagus tanpa label tersebut.
Sangat disayangkan saja, bila penyematan logo best seller pada cover diberikan pada buku yang tidak best seller menurut angka tetapi menurut penerbitnya hanya untuk pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar