When you want something, all the Universe conspires in helping you to achieve it - Paulo Coelho, The Alchemist

Selasa, 15 Februari 2011

Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika


Apakah Sistem Informasi dan Teknik Informatika itu sama?
Apakah Sistem Informasi berbeda dengan jurusan yang berbasis komputer yang lain?

Ya, jelas berbeda. Mungkin beberapa dari kita beranggapan bahwa jurusan
Sistem Informasi tidak berbeda jauh dengan jurusan lain seperti Teknik Informatika. Padahal memang sangat jauh berbeda. Mungkin dengan sedikit penjabaran, kita bisa tahu apa bedanya Jurusan Sistem Informasi dengan jurusan lain.

Di Indonesia sendiri hanya ada tiga jurusan saja yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :



1. Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer (S-1) atau Teknik Komputer (D-III) bahkan dalam jurusan teknik elektro kita bisa mendapatkan prodi Computer Engineering.
3. Information System untuk Sistem Informasi (S-1) atau Manajemen Informatika (D-IV/D-III)

Terkadang banyak orang yang bingung membedakan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dan banyak juga orang –orang yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama. Padahal jelas-jelas kedua jurusan ini sangat berbeda.



Penjabarannya adalah sebagai berikut:

Information Systems (SI)

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.



Computer Science Teknik Informatika/TI)

Jurusan ini menawarkan sebuah perpaduan antara pengetahuan teknis, teori dan pengalaman praktis pemrograman, jaringan komputer, dan rekayasa perangkat lunak yang terkait dengan hardware dan pengembangan komputer di masa yang akan datang.

Jelas kedua jurusan ini sangat berbeda dimana SI mempelajari tentang management IT yaitu bagaimana membangun program aplikasi sistem informasi bisnis dan TI mempelajari tentang hardware dan pengembangan komputer. Tapi yang jelas setiap jurusan memiliki batasan ruang keahlian.**



Sistem Informasi

Kompetensi lulusan Sistem Informasi Konsentrasi Bisnis

Bidang minat Sistem Informasi Bisnis akan menghantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam bidang teknik pendayagunaan data untuk mendukung aktivitas bisnis, serta pengambilan keputusan yang akurat. Para mahasiswa akan memiliki kompetensi untuk menganalisis, merancang, serta menggunakan perangkat lunak untuk solusi bisnis, termasuk manajemen data, e-Commerce, dan otomasi perkantoran.

Kompetensi lulusan Sistem Informasi Konsentrasi Multimedia & Web

Bidang minat Sistem Informasi Multimedia akan menghantarkan Anda memiliki kompetensi untuk merancang dan membuat sistem informasi dengan gambar-gambar, suara dan aplikasi internet. Teknik dasar komputasi dan kreativitas merupakan bagian penting dari bidang minat ini.



Bidang Karir Bagi Lulusan Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi akan menghantarkan para lulusan memiliki prospek karir sebagai berikut: Chief Information Officer, IS Manager, e-Business Analyst, Business Application Programmer,EDP Manager, Managing Director of Software House, Web System Manager, Web Designer, Computer Game Programmer, dan Managing Director of ISP.



Teknik Informatika

Teknik Informatika Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak

Bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak akan menghantarkan Anda untuk memiliki kompetensi sebagai seorang software engineer yang memiliki pengetahuan yang kuat untuk menganalisis, merancang, membangun, mengevaluasi dan mengelola pengembangan perangkat lunak.



Teknik Informatika Konsentrasi Jaringan Komputer

Bidang minat Sistem Komunikasi dan Jaringan Komputer akan menghantarkan Anda untuk memiliki kompetensi dalam merancang dan menerapkan sistem komunikasi, menganalisis pengiriman dan penerimaan berbagai data dan informasi secara aman, mendesain jaringan skala lokal (LAN), metropolitan (MAN) dan area luas (WAN), memiliki keterampilan sebagai Network Administrator dan Network Engineer.



Bidang Karir Bagi Lulusan Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika akan menghantarkan para lulusan memiliki prospek karir sebagai berikut, Managing Director of IT, Network Manager, Network Consultant, Network Administrator, Network Analyst, Senior Programmer, IT Consultant, Intelligent Devices Developer, Embedded Systems Programmer, Game Developer, IT Lecturer, dan Peneliti.



Sumber : http://Harian-Global.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar